Analisis Orjinalitas
Proyek
1.Gagasan orisinil dan terintegrasi
a.
a. Gagasan original
Gagasan (pikiran)
adalah sesuatu (hasil pemikiran, usulan, keinginan, harapan) yang akan
disampaikan penulis kepada pembaca atau pendengarnya. Lebih lanjut, gagasan itu
akan dilengkapi dengan fakta, data, informasi dan pendukung lainnya yang
diharapkan dapat memperjelas gagasan dan sekaligus meyakinkan calon pembacaanya
.Gagasan original adalah gagasan yang masih asli dan di pikirkan sendiri oleh
orang tersebut.
Menurut Widyamartaya
(1990) gagasan adalah kesan dalam dunia batin seseorang yang hendak disampaikan
kepada orang lain. Gagasan berupa pengetahuan, pengamatan keinginan, perasaan,
dan sebagainya. Penuturan atau penyampaian gagasan meliputi penceritaan, pelukisan,
pemaparan, dan pembahasan. (Riadi, 2015)
b. b.Integrasi
integrasi adalah
sebuah sistem yang mengalami pembauran hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh.
Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti
kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses
penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan
masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki
keserasian fungsi.
Definisi lain mengenai
integrasi adalah suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan
bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih
tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing.
Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu :
1.Pengendalian terhadap konflik dan
penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
2.Membuat suatu keseluruhan dan
menyatukan unsur-unsur tertentu (wikipedia)
c.
c.Tim Kerja
Tim kerja adalah
kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada
jumlah masukan individual. Hal ini memiliki pengertian bahwa kinerja yang
dicapai oleh sebuah tim lebih baik daripada kinerja perindividu disuatu
organsasi ataupun suatu perusahaan.
2.Otonomi tim kerja
Menurut saya otonomi
tim kerja adalah setiap tindakan yang disarankan oleh pimpinan, mengelola
sendiri untuk bertukar informasi, mengembangkan gagasan baru dan memecahkan
masalah serta mengkoordinasikan proyek yang rumit (repository)
prinsip-prinsip yang harus dikembangkan
agar perbedaan dalam sebuah tim tidak berkembang menjadi suatu konflik. Adapun
prinsip-prinsip itu adalah:
1. Saling menghargai
2. Mempunyai komitmen dan kepentingan
yang sama
3. Mengembangkan peraturan yang jelas
dan transparan
4. Mampu mengendalikan diri dan menjaga
keseimbangan antara emosi dan pikiran
5. Harus saling mendukung
6. Bersikap terbuka dan saling percaya
7. Produktivitas
8. Selalu berkonsultasi sebelum
memutuskan
9. Evaluasi (ridwan, 2011)
3.Investigasi kelompok secara
kolaboratif
yakni
terdapat suatu situasi yang di dalamnya para siswa berinteraksi dan
berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai informasi dan melakukan pekerjaan
secara kolaboratif untuk menginvestigasi suatu masalah, merencanakan,
mempresentasikan serta mengevaluasi kegiatan mereka.
model
kolaboratif tipe investigasi kelompok.Penelitian ini menggunakan desain
kaji-tindak (action research) melalui dua siklus. Hasilpenelitian menunjukkan
bahwa model kolaboratif tipe investigasi kelompok dapatmeningkatkan kualitas
proses pembelajaran (Hermawan, 2012)
0 komentar:
Posting Komentar